8/6/08

Index Google mencapai 1 Triliun Halaman


Google hari Jumat kemarin mengumumkan bahwa mereka telah mengindeks lebih dari 1 trilyun URL yang berbeda. Google pertama kali meluncurkan indeksnya pada tahun 1998 dengan 26 juta halaman, pada tahun 2000 angka tersebut melonjak menjadi 1 milyar. Namun hari ini, Google indeks berkembang dengan rata-rata beberapa milyar halaman per hari. Beberapa tahun yang lalu, Google sempat menampilkan jumlah halaman yang di-indeks pada halaman utamanya, namun mereka memutuskan untuk menghilangkan angka tersebut pada tahun 2005.

Pada akhir tahun 1990-an search engine saling bersaing dengan menggunakan jumlah halaman yang di-indeks sebagai indikator utama. Hari ini, jumlah halaman pada di kebanyakan mesin pencari telah turun, dengan alasan yang baik. Hari ini pencarian lebih ditekankan pada hasil yang relevan dengan pencarian, bukan pada banyaknya hasil pencarian yang didapatkan.
Tampaknya hal tersebut juga yang menjadi keunggulan Google. Mesin pencari awal seperti Altavista, Excite, atau HotBot tidak dapat menghasilkan pencarian yang sesuai dengan harapan pengguna

Namun saat ini kita telah sampai di persimpangan jalan lagi, di mana bahkan hasil pencarian Google seringkali dipenuhi dengan spam, sedangkan potensi semantic search masih tetap belum dapat direalisasikan. Namun dengan data terakhir mengenai pasar mesin pencari, Google masih merupakan standar mesin pencarian bagi sebagian besar orang.

Saat ini pertanyaan yang harus diajukan adalah, apakah indeks pencari Google dapat mencapai 1 googol...


No comments:

Punya blog? Ngumpul disini aja..

Info Menarik...